Sintaknya:
#include<GL/glut.h>
void titik ();
main (int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,800);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Percobaan 1");
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
glutDisplayFunc(titik);
glutMainLoop();
}
void titik()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPointSize(5.5);
glBegin(GL_POINTS);
glColor3f(1.0,1.0,1.0);
glBegin(GL_POINTS);
glColor3f(1.0,1.0,1.0);
glVertex2f(0.25,0.25);
glColor3f(0.1,1.0,1.0);
glVertex2f(0.5,0.5);
glColor3f(1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f(0.55,0.55);
glColor3f(0.5, 1.0, 0.5);
glVertex2f(0.45,0.45);
glColor3f(1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f(0.55,0.55);
glColor3f(1.0, 1.5, 8.0);
glVertex2f(0.65,0.65);
glColor3f(0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f(0.75,0.75);
glColor3f(0.75, 0.75, 0.75);
glVertex2f(0.85,0.85);
glEnd();
glFlush();
}
output:
Membuat Garis
Sintaknya:
#include<GL/glut.h>
void garis();
main(int argc, char ** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(800,600);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Percobaan II");
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
glutDisplayFunc(garis);
glutMainLoop();
}
void garis()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(1.0,1.0,1.0);
glVertex2f(0.25,0.25);
glColor3f(0.1,1.0,1.0);
glVertex2f(0.5,0.5);
glVertex2f(0.75,0.5);
glVertex2f(0.5,0.8);
glPointSize(50.0f);
glEnd();
glFlush();
}
Outputnya:
Membuat Strip
Sintaknya:
#include<GL/glut.h>
void strip();
main(int argc, char ** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(800,600);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Percobaan III");
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
glutDisplayFunc(strip);
glutMainLoop();
}
void strip()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glColor3f(1.0,0.0,0.0);
glVertex2f(0.25,0.25);
glColor3f(0.1,1.0,0.0);
glVertex2f(0.5,0.5);
glColor3f(0.0,0.0,1.0);
glVertex2f(0.75,0.5);
glVertex2f(0.7,0.8);
glPointSize(50.0f);
glEnd();
glFlush();
}
Output:
Penjelasan
- glClear() merupakan sintaks yang digunakan untuk membersihkan semua pixel
- glBegin() merupakan sintaks untuk memulai membuat gambar
- glVertex() merupakan sintaks untuk memberikan titik pada gambar
- glEnd() merupakan sintaks penutup
- glFlush() merupakan sintaks untuk memastikan gambar bisa dieksekusi
- glutCreateWindow() merupakan sintaks untuk membuat dan menampilkan window
- glutDisplayFunc(mydisplay) merupakan sintaks untuk memanggil method mydisplay
- glutMainLoop() merupakan sintaks untuk me-looping atau mengulang fungsi/method main
- glBegin() merupakan sintaks untuk memulai membuat gambar
- glVertex() merupakan sintaks untuk memberikan titik pada gambar
- glEnd() merupakan sintaks penutup
- glFlush() merupakan sintaks untuk memastikan gambar bisa dieksekusi
- glutCreateWindow() merupakan sintaks untuk membuat dan menampilkan window
- glutDisplayFunc(mydisplay) merupakan sintaks untuk memanggil method mydisplay
- glutMainLoop() merupakan sintaks untuk me-looping atau mengulang fungsi/method main
Tidak ada komentar:
Posting Komentar